METRO

Pemkot Palopo Gelar Upacara Hari Otonomi Daerah Ke XXVIII

×

Pemkot Palopo Gelar Upacara Hari Otonomi Daerah Ke XXVIII

Sebarkan artikel ini

PALOPO – Pemerintah Kota Palopo menggelar upacara peringatan Hari Otonomi Daerah ke-XXVIII di halaman kantor Wali Kota Palopo, Kamis (25/04/2024).

Kegiatan yang dihadiri ASN ini memgusung tema “Otonomi Daerah Berkelanjutan Menuju Ekonomi Hijau dan Lingkungan yang Sehat”.

Pada kesempatan itu, Sekretaris Daerah Kota Palopo, Drs. H. Firmanza DP, S.H., M.Si, selaku pembina upacara membacakan arahan Menteri Dalam Negeri.

“Tema Otonomi Daerah ini dipilih untuk memperkokoh komitmen, tanggungjawab dan kesadaran seluruh jajaran pemerintah daerah,” kata Firmanza DP.

Setelah 28 tahun berlalu, kata Firmanza, otonomi daerah telah memberikan dampak positif berupa meningkatnya angka indeks pembangunan manusia.

“Selain itu, otonomi daerah juga membuat bertambahnya PAD dan kemampuan fiskal daerah,” katanya.

Firmanza menambahkan, Mendagri mengimbau kepada daerah yang masih rendah PADnya, agar melakukan terobosan dan inovasi untuk menggali berbagai potensi yang ada.

“Sehingga dapat memberikan nilai tambah, serta peningkatan bagi PAD tanpa melanggar hukum dan norma serta tidak memberatkan rakyat,” tambahnya.

Saat ini, lanjut Firmanza, perjalanan otonomi daerah telah mencapai tahap kematangan untuk melahirkan berbagai terobosan kebijakan bernilai manfaat.

“Hal ini dalam rangka identifikasi dan perencanaan wilayah-wilayah yang berpotensi dikembangkan secara terintegrasi,” lanjutnya.

Upacara tersebut juga diikuti oleh para staf ahli Setda Kota Palopo, para Asisten, perangkat daerah se-Kota Palopo, para Kabag, Camat dan Lurah, para kepala sekolah serta UPT puskesmas Kota Palopo.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *