POLITIK

KPU Resmi Umumkan Hasil Pemilu 2024, Paslon Prabowo – Gibran Menang di 36 Provinsi

×

KPU Resmi Umumkan Hasil Pemilu 2024, Paslon Prabowo – Gibran Menang di 36 Provinsi

Sebarkan artikel ini
Penetapan Hasil Pemilu 2024 tingkat Nasional

JAKARTA — Komisi Pemilihan Umum (KPU) Republik Indonesia (RI) melaksanakan Rapat Pleno Terbuka Penetapan Hasil Pemilu 2024 Tingkat Nasional di Kantor KPU RI, Jakarta (20/03/2024) pukul 22.19 WIB malam ini.

Keputusan tersebut dibacakan langsung oleh Ketua KPU RI, Hasyim Asy’ari didampingi oleh enam orang Anggota KPU RI diantaranya, Betty Epsilon Idroos, Mochammad Afifuddin, Parsadaan Harahap, Yulianto Sudrajat, Idham Holik, dan August Mellaz.

Melalui siaran langsung dari kanal YouTube KPU RI, Rapat Pleno dimulai sekitar pukul 21.10 WIB dan diawali dengan laporan Ketua KPU RI Hasyim Asy’ari.

Usai pembacaan laporan, rapat pleno dilanjutkan dengan penandatanganan berita acara oleh Ketua dan seluruh komisioner KPU RI.

Setelah itu, Hasyim membacakan surat keputusan hasil rekapitulasi pemilu 2024. termasuk raihan suara Pemilihan Presiden (Pilpres) dan Pemilihan Legislatif (Pileg) 2024.

Berikut hasil perolehan suara tiga Pasangan Calon (Paslon) Calon Presiden (Capres) dan Calon Wakil Presiden (Cawapres) pada Pemilu 2024 yang dibacakan Ketua KPU :

Paslon 01, Anies Baswedan – Muhaimin Iskandar : 40.971.906 suara

Paslon 02, Prabowo Subianto – Gibran Rakabuming Raka : 96.214.691 suara

Paslon 03, Ganjar Pranowo – Mahfud MD : 27.040.878 suara

Sebagai informasi, Paslon 02 Prabowo-Gibran meraih suara tertinggi pada 36 Provinsi. Disusul oleh Paslon 01, Anies-Muhaimin dengan perolehan suara tertinggi pada 2 Provinsi di Pulau Sumatera.

Dipenghujung rapat pleno, Hasyim mengungkapkan rasa syukur karena telah menyelenggarakan seluruh rangkaian Pemilu 2024 dengan baik serta ucapan terima kasih kepada semua pihak yang terlibat dalam pelaksanaan Pemilu 2024 tahun ini.

“Alhamdulillah, setelah melalui berbagai rangkaian, akhirnya kami dapat menyelesaikan seluruhnya dengan sejujur mungkin, setransparan mungkin, dan sebaik mungkin pula. Ucapan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah andil dalam pelaksanaan Pemilu 2024 ini, kepada Presiden Republik Indonesia, Anggota DPR-RI, Jajaran Menteri dan Pemerintahan, kepada rekan-rekan Bawaslu, KPU Provinsi, KPU Kabupaten/Kota, PPK, PPD, Petugas KPPS, dan Pantarlih.

Tak lupa saya ucapkan terima kasih kepada rekan-rekan jurnalis yang telah meliput dan menyebarkan informasi seputar Pemilu, dari mulai tingkat nasional hingga TPS,” ungkapnya.

Rapat Pleno tersebut ditutup dengan ketukan palu dari Ketua KPU yang menandakan berakhirnya rangkaian acara Rapat Pleno Terbuka Penetapan Hasil Pemilu 2024 Tingkat Nasional. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *