PERISTIWA

Tambang Galian C di Purangi Ditutup, Polisi Pasang Garis Police Line

×

Tambang Galian C di Purangi Ditutup, Polisi Pasang Garis Police Line

Sebarkan artikel ini

PALOPO – Aktivitas tambang galian C di Kelurahan Purangi, Kecamatan Sendana, Kota Palopo ditutup.

Bahkan di lokasi tersebut Polisi memasang garis Police Line.

Penutupan dilakukan diduga kerena imbas polusi debu mobil truck saat mengangkut material tanah.

Warga sekitar AR mengatakan, ada 4 lokasi tambang yang ditutup oleh Polisi. mulai tambang yang berada di wilayah Kelurahan Sampoddo dan Purangi.

Kata AR, mobil truck yang hendak memuat material tanah pun dilarang masuk ke lokasi tambang, Minggu, (10/03/2024).

Sementara itu, Kapolres Palopo, AKBP Safi’i Nafsikin kepada wartawan mengatakan, pihaknya telah beberapa kali didatangi oleh aliansi mahasiswa peduli lingkungan untuk menutup tambang galian C tersebut.

“Mereka (Mahasiswa) menuntut kami di pihak kepolisian untuk menutup tambang galian di sana,” ujarnya.

Kendati demikian, kata Safi’i pihaknya akan memfasilitasi pertemuan antar sejumlah pihak membahas persoalan tersebut.

Menurutnya, pihaknya juga telah berupaya melakukan mediasi bersama dengan pihak terkait namun belum menemukan titik temu.

“Pada prinsipnya kami dari penegak hukum, kami melihat dari sisi seluruh faktor yang ada di situ sekitar lingkungan masyarakat, terus masalah pekerjaan, pajak dan proses investasi yang harus kita dukung sehingga kami berupaya agar supaya duduk bersama dan nanti kita libatkan seluruh pihak supaya bisa bersama-sama mendengarkan aspirasi dari mahasiswa ini seperti apa,” Tutur Kapolres Palopo.

Disebut pula, sebelumnya melalui Kasat Intel sudah dipertemukan cuma tidak ada titik temu, ada dari tokoh masyarakat, dinas lingkungan hidup dan kalau tidak salah ada pihak pajak juga dari Dispenda.

Pihaknya juga akan mengundang Kepala Dinas Pendapatan Daerah membahas terkait pendapatan yang dihasilkan dengan adanya Tambang galian C di Kelurahan Purangi tersebut.

“Dari Dispenda itu seperti apa, nanti kita undang lagi supaya kita bisa melihat aspek-aspek ini, apakah sangat berdampak fatal dan akibatnya seperti apa kepada masyarakat,” terangnya.

Ia juga berharap agar pemerintah memberikan kontribusi terhadap pemecahan masalah tambang dengan melihat dampak yang dihasilkan dengan adanya tambang tersebut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *