banner 325x300
METRO

Putra Ganjar Pranowo Bicara Pengembangan UMKM di Manado

×

Putra Ganjar Pranowo Bicara Pengembangan UMKM di Manado

Sebarkan artikel ini
Putra Calon Presiden Ganjar Pranowo, Alam Ganjar bicara UMKM di Manado. (Foto:net)

MANADO – Putra dari capres Ganjar Pranowo, Muhammad Zinedine Alam Ganjar berpandangan bahwa peran anak muda sangat dibutuhkan untuk mengembangkan potensi UMKM.

Selain itu, hal itu juga perlu dilengkapi dengan sejumlah inovasi agar UMKM bisa terus tumbuh.

Hal tersebut diungkapkan olehnya di acara Creative Talk ‘Pengembangan Inovasi UMKM Berbasis Kerakyatan Bagi Gen Z’ di Warkop Corner 52, Sario Utara, Manado, Sulawesi Utara, Sabtu 20 Januari 2024, kemarin.

Turut hadir dalam kesempatan tersebut Orlan Maleke, Founder Putra Tani Makobang dan dipandu oleh Moderator Wulan Pangarepan.

Alam Ganjar mengungkapkan soal bagaimana teknologi bisa dimanfaatkan dalam upaya pengembangan UMKM dan pelaku industri dituntut untuk terus berinovasi.

“Senjata utama UMKM saat ini adalah teknologi karena saat ini pelaku industri dituntut harus terampil dalam mengakses fitur dan memanfaatkan apps untuk berjualan menggunakan gadget,” kata Alam dalam keterangannya, Minggu 21 Januari 2024.

Menurutnya, saat ini, pemanfaatan internet dan sosial media bisa digunakan untuk belajar dan memperoleh informasi terkait pengembangan model bisnis seperti apa yang tepat untuk pelaku industri UMKM.

“Sosial media bisa kita manfaatkan untuk menemukan beberapa referensi dan inspirasi yang bisa kita modifikasi sesuai dengan model kita masing-masing karena apabila kita bisa gunakan ini tentu akan mempercepat perkembangan pelaku industri usaha,” jelasnya Alam.

Selain menjadi pembicara di acara tersebut, dalam kunjungan ke Manado, Alam turut menyempatkan diri untuk bertemu dengan sejumlah warga.

Dia pun turut menyempatkan diri untuk menikmati kuliner mie cakalang di Warung Aheng.

Dia menambahkan kuliner yang dimiliki Manado memiliki cita rasa yang cukup istimewa sehingga memiliki potensi yang besar untuk dikembangkan UMKM.

“Berharap kelak bisa kembali ke Sulawesi Utara, mengenalkan keindahan alam dan kuliner yang dimiliki wilayah (Manado),” tutupnya. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *