METRO

Pemkot Palopo Gelar Pemilihan Putri Kartini 2024

×

Pemkot Palopo Gelar Pemilihan Putri Kartini 2024

Sebarkan artikel ini

PALOPO – Asisten II Setda Kota Palopo, Ilham Hamid, SE., M.Si, mewakili Pj. Wali Kota Palopo membuka secara resmi acara malam puncak pemilihan Putri Kartini 2024 di Auditorium Saokotae, Sabtu (27/4/2024).

Ketua panitia, Eri Setiawan, mengatakan, malam puncak pemilihan Putri Kartini 2024 kali ini, mengangkat tema “Kartini Milenial yang Tangguh, Mandiri & Kreatif”.

“Acara ini diadakan untuk memperingati Hari Kartini 2024 dan juga turut memeriahkann HUT Kota Palopo ke-22 tahun,” kata Eri Setiawan.

Eri menambahkan, kegiatan ini diikuti oleh pelajar tingkat TK, SD, SMP, SMA dan umum.

“Kami fokus kepada anak pelajar karena kami sadar untuk membangun generasi muda, membentuk kekuatan sejatinya seperti Kartini tentu kita harus belajar dari sekolah,” tambahnya.

Oleh karena itu, kata Eri, para peserta perlu diapresiasi karena mereka ini adalah Kartini yang sebenarnya.

“Pemenang dalam pemilihan Putri Kartini 2024 akan mewakili Kota Palopo tanggal 26 Juni 2024, untuk pemilihan Dara dan Daeng Sulsel, dan Pemenang Dara dan Daeng akan berlomba di tingkat Nasional di Jakarta,” jelasnya.

“Harapan kami ada perwakilan dari Kota Palopo yang ikut berlomba di tingkat nasonal,” tukasnya.

Sementara itu, Ilham Hamid, mengatakan, keteladanan Kartini adalah inspirasi yang perlu menjadi acuan dan role model bagi generasi muda wanita Indonesia.

“Khususnya generasi pelanjut di Kota Palopo. Keteladanan itu harus tergambarkan, bukan saja akan performa, akan tetap yang terpenting adalah pada tataran sikap, sifat dan prilaku yang diwariskan oleh R.A. Kartini,” kata Ilham Hamid.

Oleh karena itu, kata Ilham, para peserta sekalian harus mampu menjabarkan keteladanan tersebut dalam interaksi keseharian.

“Sehingga, sejatinya orientasi lomba malam ini bukan saja bertumpu pada perebutan trophy, tetapi juga memahami dan mendalami sikap R.A. Kartini,” lanjutnya.

“Pengembangan dan pemberdayaan minat generasi muda terhadap dunia seni, diharapkan pula dapat dimanfaatkan untuk menguatkan semangat nasionalisme dikalangan generasi muda,” tutupnya.

Turut hadir Ketua Dharmawanita Persatuan (DWP) Kota Palopo, Rektor Universitas Mega Buana Palopo, Ketua Pokja III TP PKK Kota Palopo, Eri Production, serta tamu undangan dan peserta.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *