METRO

Musrenbang RPJPD Palopo 2025-2045, Usung Visi Pendidikan Niaga Yang Maju Tangguh dan Berkelanjutan

×

Musrenbang RPJPD Palopo 2025-2045, Usung Visi Pendidikan Niaga Yang Maju Tangguh dan Berkelanjutan

Sebarkan artikel ini

PALOPO – Pj. Wali Kota Palopo, Asrul Sani. SH., M.Si., membuka Musrenbang Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) Kota Palopo 2025-2045.

Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) RPJPD ini digelar di Ruang Pertemuan Ratona Kantor Wali Kota Palopo, Rabu (08/05/2024).

Melalui RPJPD Tahun 2025-2045, Pemerintah Kota Palopo mengusung Visi Palopo sebagai Kota Pendidikan dan Niaga yang Maju, Tangguh dan Berkelanjutan.

Kepala Bappeda Kota Palopo, Asmuradi Budi, menyampaikan, kegiatan tersebut bertujuan untuk menyepakati visi dan misi tentang arah kebijakan RPJPD Kota Palopo tahun 2025-2045.

“Hal ini yang akan menjadi acuan bagi seluruh komponen daerah dalam mewujudkan cita-cita dan tujuan pembangunan sesuai dengan visi, misi, dan arah pembangunan yang disepakati bersama,” kata Asmuradi Budi.

Sementara itu, Kadis LHK Sulsel, Andi Hasbi, mewakili Pj. Gubernur Sulsel, dalam sambutannya mengapresiasi Pj. Wali Kota dan seluruh pemangku kepentingan atas segala dukungannya.

“Kesempatan ini harus kita manfaatkan dan harus mengambil peran dalam menyusun bersama rencana pembangunan kabupaten/kota untuk 20 tahun kedepan,” kata Andi Hasbi.

Pj Gubernur, kata Hasbi, ingin para Bupati/Walikota untuk lebih intensif berkoordinasi dan berkolaborasi dalam menyusun perencanaan.

Di tempat yang sama, Pj Wali Kota Palopo, Asrul Sani, SH, M.Si, dalam sambutannya mengungkapkan, RPJPD merupakan perwujudan konkret dari visi, misi dan arah kebijakan pembangunan jangka panjang daerah.

” Ini yang akan berlaku selama 20 tahun dan disusun dengan mengacu pada RPJP Nasional, RPJPD Provinsi Sulawesi Selatan dan Rencana Tata Ruang Wilayah Kota Palopo,” kata Asrul Sani.

Asrul mengungkapkan, berdasarkan hasil evaluasi capaian pembangunan selama RPJPD Kota Palopo Tahun 2005-2025, secara umum indikator makro pembangunan menunjukkan trend yang membaik.

“Terkait hal itu, saya berharap RPJPD yang disusun saat ini memberikan ruang yang memadai untuk dilakukan proses evaluasi dan penyempurnaan secara berkala,” ungkapnya.

Melalui kesempatan yang baik ini, kata Asrul, dirinya mengajak semua pihak untuk memberikan saran dan masukan terhadap rancangan RPJPD ini.

“Penyempurnaan RPJPD yang disusun saat ini, juga akan menjadi rujukan bagi bakal calon wali kota dan wakil wali kota ke depan,” jelas Asrul.

Hadir pada kesempatan ini, Kepala Bappelitbangda Sulsel, Kaprodi S3 Studi Pembangunan SPs Unhas selaku Nara sumber dan Tenaga Ahli Penyusunan RPJPD dan Prof. Darmawan Salman yang hadir secara virtual.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *