banner 325x300
TNI - POLRI

Hadapi Cuaca Ekstrem, Dandim 1403 Palopo Cek Perlengkapan

×

Hadapi Cuaca Ekstrem, Dandim 1403 Palopo Cek Perlengkapan

Sebarkan artikel ini
Dandim 1403 Palopo, Letkol Arm Kabit Bintoro priyambodo mengecek sarana prasarana. (Foto:hms)

PALOPO – Dalam menghadapi cuaca ekstrem, Dandim 1403 Palopo, Letkol Arm Kabit Bintoro priyambodo pimpin apel kesiapsiagaan dalam rangka tanggap bencana.

Upacara kesiapsiagaan ini dilaksanakan di lapangan Kodim 1403 Palopo, di Kelurahan Salobulo, Kecamatan Wara Utara, Kota Palopo, Sulawesi Selatan, Rabu 17 Januari 2024.

Apel siaga bencana tersebut dilaksanakan sehubungan dengan hasil prakiraan cuaca oleh Badan Meteorologi dan Geofiisika ( BMKG ) bahwa pada Bulan Januari hingga Maret 2024, intensitas Curah Hujan khususnya di Palopo masih tinggi

“Apel ini bertujuan untuk kesigapan petugas dilapangan apalagi mengingat Kota Palopo sudah memasuki musim penghujan dan terdapat beberapa titik lokasi yang berpotensi terjadi bencana alam baik itu banjir maupun tanah longsor,” Kata Dandim 1403/Palopo Letkol Arm Kabit Bintoro priyambodo.

Lebih lanjut, kata lulusan Alumni Akmil 2004, urgensi pentingnya bersiap diri menghadapi kedaruratan bencana, meningkatkan kesiap siagaan masyarakat yang tinggal di daerah rawan bencana, menciptakan budaya aman dan mengurangi korban jiwa akibat bencana.

“Upaya terpadu sangat perlu dilakukan seperti latihan kesiap siagaan, prasarana dan perlengkapan yang menunjang, serta kondisi Tim lapangan. Dimana hal tersebut merupakan langkah awal dalam mitigasi bencana,” tandasnya

Kegiatan dilanjutkan dengan melakukan peninjauan langsung sarana dan prasarana penunjang penanganan bencana yang dimiliki oleh jajaran pemerintah Kota Palopo. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *