PENDIDIKAN

Dosen Informatika Cokroaminoto Palopo Kenalkan Tekhnologi AR dan VR di SMAN 6

×

Dosen Informatika Cokroaminoto Palopo Kenalkan Tekhnologi AR dan VR di SMAN 6

Sebarkan artikel ini

PALOPO – Dosen Program Studi Informatika Fakultas Teknik Komputer Universitas Cokroaminoto Palopo melakukan kegiatan pengabdian kepada masyarakat di SMA Negeri 6 Palopo. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pemahaman tentang teknologi Augmented Reality (AR) dan Virtual Reality (VR) sebagai pendukung pendidikan bagi siswa SMAN 6 Palopo.

Dalam kegiatan ini, tim pengabdian masyarakat akan menyampaikan pengetahuan tentang teknologi digital melalui pengenalan media pembelajaran digital VR dan AR. Fokus utama kegiatan ini adalah meningkatkan pemahaman siswa terhadap pembelajaran digital dengan menjelaskan cara kerja teknologi VR dan AR, implementasi penggunaannya, serta memberikan contoh aplikasi yang mendukung edukasi.

Menurut Ketua Tim Pelaksana Pengabdian kepada Masyarakat, Dianradika Prasti, S.kom., M.Kom., penerapan teknologi VR dan AR dapat meningkatkan rasa ingin tahu siswa. “Virtual Reality dan Augmented Reality yang digabungkan dengan konsep pedagogi akan membuat teknologi tidak hanya sebagai media melainkan juga stimulan. Peserta didik menjadi lebih bahagia dalam belajar dan mempunyai rasa ingin tahu yang tinggi,” kata Dianradika.

Dianradika juga menjelaskan bahwa melalui VR, para siswa dapat merasakan pengalaman di dunia digital sesuai dengan materi pembelajaran yang diberikan oleh guru. Teknologi VR dapat diakses dengan menggunakan smartphone dan perangkat seperti Google Cardboard atau Oculus Glasses, serta dapat diterapkan di semua mata pelajaran.

Muhammad Idham Rusdi, S.T., M.Kom., salah satu pemateri, menyoroti penggunaan teknologi AR. “Teknologi AR membawa pengalaman dunia virtual ke dunia nyata. Jadi, dunia virtual yang kita bawa ke dunia nyata, seperti hologram,” ujarnya. Idham menekankan bahwa teknologi AR saat ini sudah mudah diakses dengan menggunakan ponsel, tablet, atau laptop tanpa perlu instalasi tambahan, serta dapat digunakan tanpa perlu keterampilan pemrograman.

Wakil Kepala Sekolah Urusan Akademik, Sumarlin, S.Pd., M.Pd., turut memberikan dukungan terhadap penggunaan teknologi dalam proses pembelajaran. “Kita bisa memanfaatkan tren teknologi untuk membuat konten-konten yang mendukung proses belajar-mengajar di kelas,” ujar Sumarlin.

Tim Pegabdian yang turut hadir dalam kegiatan ini yaitu Rusmala, S.Kom., M.Kom., Shindy Ekawati, S.Pd., M.Pd., Nirwana, S.Pd., M.Pd, Akramunnisa, S.Pd., M.Pd, dan Supriadi, S.Ag., M.Pd. serta 10 mahasiswa pendamping, Tim pengabdian ini hadir untuk memberikan dukungan dan panduan kepada 45 peserta kelas 3 SMAN 6 Palopo dalam memahami dan mengaplikasikan teknologi AR dan VR dalam pembelajaran. (Fik)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *