-
METRO

Dihadapan Puluhan Ribu Petani, Aisyah Tiar Arsyad Jadi Pemateri Pada Temu Teknis Pekebun

×

Dihadapan Puluhan Ribu Petani, Aisyah Tiar Arsyad Jadi Pemateri Pada Temu Teknis Pekebun

Sebarkan artikel ini

PALOPO – Aisyah Tiar Arsyad, Dosen FEB Universitas Al Azhar Indonesia menjadi pemateri pada kegiatan Temu Teknis Pekebun yang diselenggarakan oleh Kementrian Pertanian.

Kegiatan tersebut berlangsung di Lapangan Pancasila, Kota Palopo, Sabtu 03 Februari 2024.

Dalam materinya Aisyah memaparkan tentang bagaimana meningkatkan hasil pertanian dengan hilirisasi atau pembangunan perkebunan berkelanjutan dalam rangka peningkatan nilai dan daya saing.

Aisyah menuturkan, Hilirisasi adalah upaya untuk meningkatkan nilai tambah suatu produk dengan cara mengolahnya menjadi produk yang bernilai jual lebih tinggi.

“Sulsel ini adalah 10 besar provinsi penghasil kakao, cengkeh, kopi, sagu, lada, terbesar di Indonesia, dan khusus di Luwu Raya ini ada berbagai komoditi,” kata Aisyah.

Sejauh ini menurut dia, petani cenderung ketika selesai tanam mereka hanya panen tidak berpikir untuk mengolah. Itulah yang harus dipikirkan kedepannya bagaimana petani juga bisa mengolah dan mengemas.

Dijelaskan pula bahwa pasar global sangat membutuhkan namanya produksi pertanian Indonesia, salah satunya kopi, kakao dan komoditi yang ada.

Pertama diharapkan adanya pengolahan tempat pengolahan dan pengemasan, itu dapat dilakukan oleh koperasi tani atau bumdes dan lainnya.

“Kedua kita harapkan pemerintah dapat memberikan kebijakan anggaran yang tentunya harapannya bisa menciptakan proses implan. Ketiga, infrastruktur tersebut diharapkan didampingi pelatihan sdm petani yang akan melibatkan berbagai pihak, dinas dan kolaboratif,” Tutup Aisyah. (Amir)