METRO

Berkunjung ke Palopo, Mentan Bakal Bimtek 10 Ribu Petani

×

Berkunjung ke Palopo, Mentan Bakal Bimtek 10 Ribu Petani

Sebarkan artikel ini
Menteri Pertanian RI, Ir HA Amran Sulaiman MP

PALOPO – Menteri Pertanian, Andi Amran Sulaiman, dijadwalkan akan berkunjung ke Kota Palopo, pada Sabtu (3/2/24) besok.

Kunjungan ini sebagai upaya dalam mendorong pengembangan dan pengelolaan pertanian di kota dengan motto Kebersamaan ini.

Kepala Dinas Pertanian, Perkebunan dan Peternakan Kota Palopo Muh Ibnu Hasyim mengatakan, saat ini pihaknya tengah menyiapkan penyambutan Mentan RI.

“Saat ini tengah persiapan dalam penyambutan Pak Mentan RI, hari Sabtu mendatang,” katanya.

Ibnu menjelaskan, ada dua agenda utama, mentan berada di Kota Palopo. Pertama, penanaman padi menggunakan alat mesin tanam atau transplanter di Jalan Memet, Kelurahan Songka, Kecamatan Wara Selatan.

Kemudian, melaksanakan Bimtek terkait pertanian berkelanjutan yang berpusat di Lapangan Pancasila.

“Rencananya, akan dihadiri oleh 10.000 peserta. Ini merupakan Bimtek tersebar yang pernah ada di Kota Palopo,” kata mantan Kepala Bapenda Kota Palopo ini.

Peserta Bimtek antara lain, kelompok wanita tani, komunitas pertanian, dan petani milenial yg terbagi kedalam 479 kelompok tani se-Kota Palopo.

“Pada Bimtek ini, Menteri Pertanian juga akan menyerahkan bantuan kepada para petani di Palopo. Bantuan tersebut berupa, Bibit padi hibrida 1.000 hektar, 5 unit Mesin dryer untuk pengering berbagai komoditas pertanian seperti kakao, jagung, dan kopi, Kambing sebanyak 50 ekor dan Ayam unggas sebanyak 3.000 ekor,” lanjutnya.

Bantuan ini akan dibagikan kepada kelompok tani yang telah diverifikasi dan diusulkan oleh Dinas Pertanian Kota Palopo.

Akan diserahkan secara simbolis kepada perwakilan kelompok tani penerima bantuan.

“Kita berharap kunjungan Menteri Pertanian bisa berdampak positif bagi para petani di Palopo sehingga pengembangan dan pengelolaan pertanian di kota Palopo bisa semakin maju dan memberikan kesejahteraan, khususnya bagi para petani,” tandasnya. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *