Tentang Kami

Jaringan Informasi Rakyat atau dapat disingkat Jari Rakyat adalah organisasi non pemerintah yang didirikan di Jakarta pada Agustus 2019. Organisasi ini dikelola secara swadaya dan bersifat independen yang diorientasikan sebagai wadah bagi kalangan masyarakat Indonesia untuk memperjuangkan hak-hak publik sebagaimana tertuang di dalam Pembukaan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945.

Untuk mencapai tujuan tersebut, Jari Rakyat meletakkan perjuangannya melalui berbagai program dan kegiatan, yang intinya membantu masyarakat mendapatkan dan memperjuangkan hak-haknya, baik di bidang informasi, bidang kesehatan, bidang pendidikan, serta bidang yang berkaitan dengan kesejahteraan sosial. Sebagai organisasi kader, Jari Rakyat dan relawannya akan melakukan aksi kongret di lapangan yaitu advokasi terhadap hak-hak rakyat agar tepat sasaran dan tepat guna.

Pendirian Jari Rakyat sendiri diinpirasi oleh Pidato Visi Indonesia Presiden Joko Widodo pada 14 Juli 2019 di SICC, Sentul, terutama pada 2 (dua) hal penting.

Pertama, upaya pemerintah untuk melakukan mereformasi birokrasi. Presiden mengatakan,

Jari Rakyat

Lebih Dekat