...

Kabupaten Cianjur

Indikasi Korupsi Informasi Berkala

PTSL Bermasalah, Aktivis Geruduk Kantor BPN Kabupaten Cianjur

Puluhan aktivis anti korupsi yang tergabung dalam Komite Aksi Pemuda Anti Korupsi (KAPAK) geruduk kantor Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kabupaten Cianjur, di Jalan Raya Bandung No. 61, Sadewata, Sabandar, Karangtengah.

Bermodal selebaran agitasi, aktivis menuntut pengusutan dugaan pungutan liar atas Program Pendaftaran Tanah Sistem Lengkap (PTSL) tahun 2018 yang berdasarkan Surat Keputusan Kepala Kantor Pertanahan Kabupaten Cianjur tentang Penetapan Lokasi PTSL yang dilaksanakan di 28 Desa se-Kabupaten Cianjur dengan target berjumlah 50.000 bidang tanah.

Menurut Koordinator aksi, Laode Kamarudin, modus korupsi terjadi dengan mengharuskan sebagian dari peserta PTSL untuk membayar pajak BPHTB (Bea Perolehan Hak Atas Tanah dan Bangunan) atas bidang tanah milik mereka. Apabila tidak membayar, maka sertifikat tanah tetap harus diserahkan namun dengan catatan BPHTB Terutang.

"Aroma korupsi bahkan semakin kuat setelah diketahui rekening bank BJB bernomor 021-9823315-360 yang menjadi tujuan setoran pajak BPHTB bukan milik resmi institusi BPN. Dan rekening tersebut juga bukan rekening Kas Daerah Kabupaten Cianjur yang digunakan untuk menerima setoran Pajak BPHTB," ujarnya di lokasi, Kamis (25/7/2019).

Dia mencontohkan seperti yang terjadi di Kecamatan Warung Kondang. Ada warga yang membayar BPHTB melalui Bank BJB KCP Warung Kondang. Setelah menyetorkan uang dengan menggunakan slip setoran biasa, yang bersangkutan mendapat bukti di antaranya lampiran cetak e-billing menggunakan kop Dirjen Pajak dan bukti penerimaan pajak dengan kop surat Bank BJB KCP Warung Kondang, tak ada yang dapat memastikan kebenaran/ keaslian tanda bukti setoran BPHTB lantaran tidak adanya bukti validasi dan nama penanggungjawab penerima pembayaran BPHTB tersebut.

...
Abraham

Wahh ini harus di usut tuntas

Jari Rakyat

Lebih Dekat