Temuan BPK, Penanganan Pandemi Covid-19 Belum Efektif

by -42 views
Temuan BPK, Penanganan Pandemi Covid-19 Belum Efektif
Temuan BPK, Penanganan Pandemi Covid-19 Belum Efektif

Jakarta-BPK telah menyerahkan Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) atas Laporan Keuangan Pemerintah Pusat (LKPP) dan IHPS II Tahun 2020 kepada DPD RI dan Presiden.

Hasil pemeriksaan atas LKPP, menunjukkan bahwa LKPP telah disajikan secara wajar dalam semua hal yang material sesuai dengan Standar Akuntansi Pemerintahan, sehingga memperoleh opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP).

Walaupun demikian, Pemerintah tetap perlu memberikan perhatian atas permasalahan yang diungkapkan dalam LHP atas LKPP Tahun 2020.

Sementara itu, IHPS II Tahun 2020 memuat ringkasan dari 559 LHP, di antaranya sebanyak 387 LHP pada pemerintah daerah, Dari 387 LHP tersebut, sebanyak 204 LHP merupakan LHP atas Penanganan Pandemi COVID-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (PC-PEN) di daerah.

Pemeriksaan atas PC-PEN dilaksanakan dalam kerangka risk based comprehensive audit yang merupakan gabungan dari tujuan ketiga jenis pemeriksaan dengan memperhatikan audit universe. Audit universe adalah keseluruhan keuangan negara dalam arti luas sebagaimana diatur dalam UU Keuangan Negara.

Tanpa mengurangi apresiasi atas upaya pemerintah, BPK menyimpulkan bahwa efektivitas, transparansi, akuntabilitas dan kepatuhan pengelolaan dan tanggungjawab keuangan negara dalam kondisi darurat pandemi COVID-19 tidak sepenuhnya tercapai.

Penyampaian LHP LKPP dan IHPS II Tahun 2020 ini dilaksanakan dengan semangat “Accountability for all”. Semangat ini dilandaskan pada komitmen untuk melaksanakan segala sesuatu dengan penuh tanggung jawab, untuk mewujudkan tujuan negara.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.